Berita

    Featured Image

    Manfaat Membersihkan Intake Manifold

    Intake manifold memiliki peran penting dalam mobil Anda yaitu untuk menciptakan turbulensi udara dan berpengaruh pada kinerja mesin. Membersihkan intake manifold secara rutin tentu sangat disarankan untuk menjaga performa mobil dan mesin Anda. 

    Intake manifold terpasang di bagian kepala silinder atau cylinder head. Komponennya terhubung langsung dengan intake valve dan umumnya terbuat dari campuran bahan aluminium alloy

    Manfaat Membersihkan Intake Manifold

    Komponen ini memiliki tugas penting pada bagian intake di mesin mobil. Biasanya komponen ini kerap lupa dibongkar dan dibersihkan. Padahal pembersihan intake manifold sangatlah penting untuk dilakukan. 

    Komponen intake satu ini memiliki tugas penting dalam mengalirkan udara ke masing-masing silinder. Jika bagian ini tidak pernah dibersihkan atau dibongkar sama sekali maka tarikan mobil bisa jadi lambat dan kurang bertenaga. 

    Sama halnya dengan bagian mesin yang lain, intake manifold yang tidak dibersihkan akan jadi sangat kotor. Banyak kotoran dan debu yang menumpuk di bagian tersebut. Terutama residu kotoran debu halus yang bercampur dengan uap bahan bakar. 

    Jika endapan kotoran tadi dibiarkan begitu saja maka kelamaan akan terus menumpuk menjadi banyak. Tentunya tumpukan kotoran ini akan menghambat aliran udara dan membuat tenaga mesin jadi kurang optimal. 

    Fungsi Penting Intake Manifold

    Membersihkan intake manifold akan membuat komponen ini bisa bekerja dengan baik dalam menjalankan fungsinya. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari intake manifold yang perlu Anda pahami. 

    • Berperan sebagai Saluran Udara ke Mesin

    Fungsi utama dari intake manifold adalah menjadi saluran udara ke mesin. Udara dari luar nantinya akan dihisap masuk ke silinder mesin. Komponen inilah yang akan berperan mengumpulkan seluruh udara bersih lalu disaring menuju silinder mesin. 

    • Mengatur Aliran dan Volume Udara

    Intake manifold juga berperan dalam mengatur aliran serta volume udara yang masuk ke mesin. Perlu diketahui bahwa setiap mesin kendaraan memiliki kebutuhan udara yang berbeda-beda tergantung spesifikasi mesin tersebut. 

    manifold memiliki fungsi penting dalam mengatur seberapa banyak volume juga aliran udara yang akan masuk ke mesin. Namun Anda harus tahu bahwa fungsi ini hanya berjalan pada jenis mesin yang memakai variable intake manifold

    • Menciptakan Campuran Udara dan Bahan Bakar Homogen

    Intake manifold juga bekerja menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang lebih homogen. Campuran yang lebih homogen ini nantinya akan membuat tenaga mesin jadi lebih baik dari sebelumnya. 

    Bayangkan saja jika intake manifold tidak bisa bekerja optimal karena ada endapan kotoran. Dalam kondisi yang kotor maka bagian ini tidak akan mampu menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang homogen. 

    • Menciptakan Turbulensi Udara

    Fungsi lain yang dijalankan oleh intake manifold adalah bisa menciptakan turbulensi udara. Nantinya turbulensi udara ini akan masuk ke dalam silinder mesin. Turbulensi inilah yang berperan mencampur udara dan bahan bakar jadi lebih maksimal. 

    Fungsi ini terjadi karena intake manifold memiliki bentuk yang memang didesain secara khusus agar bisa mengoptimalkan tahap pembakaran di mesin. Dari sini udara bisa masuk dengan volume yang tepat dan terciptalah turbulensi sebelum akhirnya masuk ke bagian silinder ruang bakar.