Berita

    Featured Image

    Ketahui Jenis-jenis Freon AC pada Mobil

    Freon AC merupakan gas refrigerant yang dibutuhkan pendingin udara. Termasuk sistem pendingin di dalam kabin mobil. Tanpa freon, sistem AC mobil tidak dapat berfungsi. Terdapat beberapa jenis freon AC mobil yang umum dipakai. 

    Anda perlu mengetahui jenis-jenis freon untuk AC mobil. Apabila ada kerusakan pada sistem pendingin dan perlu mengganti freon, Anda sudah mengetahui jenis freon apa yang dipakai.

    Jenis Freon AC Mobil yang Banyak Digunakan

    Meskipun AC bukan komponen vital yang mempengaruhi laju mobil. Namun, keberadaan sistem pendingin akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara.

    Supaya AC mobil bisa bekerja dengan baik, diperlukan gas freon untuk menyerap panas dari ruang kabin. Sehingga menghasilkan udara sejuk yang terasa segar. Ketahui jenis dari freon AC mobil dan perbedaanya di bawah ini:

    • Freon R-134A

    Freon R-134A merupakan jenis refrigerant yang masih sering digunakan sampai sekarang. Disebut sebagai refrigerant HFC )Hydro Fluoro Carbon), jenis freon ini tidak mengandung chloro. Maka dari itu tidak akan berdampak buruk pada ozon.

    Kelebihan dari freon R-134A adalah kemampuan dielektriknya yang tinggi, memiliki struktur kimia stabil, dan tidak menyebabkan korosi. Namun freon HFC ini tidak dapat digabung dengan tipe freon yang lain. Sebab bahan penyusunnya berbeda. 

    • Freon Hydrocarbon

    Freon Hydrocarbon lebih ramah lingkungan karena bahannya terbuat dari unsur alami yaitu, hydrogen serta karbon. Freon hydrocarbon dibuat untuk mengurangi dampak negatif terhadap lapisan ozon.

    Tingkat GWP (Global Warming Potential) dari freon hydrocarbon cenderung rendah dibanding jenis freon lainnya. Sehingga mampu meminimalisir dampak terhadap pemanasan global.

    Namun jenis freon AC mobil yang satu ini, masih jarang digunakan di Indonesia. Karena meskipun ramah lingkungan, hydrocarbon merupakan zat yang cenderung mudah terbakar. Diperlukan teknologi khusus bila ingin menggunakan freon ini.

    • Freon R-22

    Freon R-22 dibuat untuk menggantikan jenis freon lama yaitu R-134A. Freon R-22 ini termasuk kategori Hydro Chloro  Fluoro Carbon atau HCFC. Maka sebenarnya freon R-22 ini masih memiliki kandungan chlor, namun lebih sedikit. 

    Chlor ini sendiri merupakan zat kimia yang memberikan dampak buruk pada lapisan ozon. Lapisan tersebut akan menipis karena beberapa faktor salah satunya adalah penggunaan freon dengan kandungan chlor.