Berita

    Featured Image

    Ketahui Fungsi Hand Grip pada Mobil dan Tips Penggunaannya

    Tak banyak orang tahu mengenai apa itu hand grip mobil. Padahal letaknya ada di samping kanan kiri mobil. Juga ada di bagian belakang.

    Biasanya fitur mobil ini berbahan dasar plastik. Kemudian desainnya melengkung dan menempel pada bagian atas mobil.

    Sebenarnya apa sih fungsi dari komponen interior mobil ini? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini. 

    Apa itu Hand Grip?

    Seperti namanya komponen yang satu ini memiliki arti pegangan tangan. Bahannya terbuat dari plastik, namun sangat kokoh. 

    Desainnya dibuat senyaman mungkin, karena memiliki fungsi sebagai pegangan. Sehingga orang akan merasa nyaman ketika berpegangan pada fitur mobil yang satu ini.

    Pegangan ini biasanya terletak di sisi kanan kiri mobil sebelah atas. Mulai dari bagian depan sampai belakang. Namun tak semua mobil lho memilikinya. Ada beberapa mobil yang tidak memiliki fitur ini.

    Fungsi dari Hand Grip pada Mobil

    Meski memiliki arti yang sangat jelas, namun ada beberapa fungsi dari fitur ini yang harus Anda ketahui. Apa saja ya?

            1. Memudahkan Penumpang untuk Keluar dari Mobil

    Fungsi pertama adalah untuk memudahkan Anda keluar dari mobil. Apalagi jika mobil Anda memiliki body yang tinggi. Maka keberadaan komponen ini sangat penting dalam membantu untuk keluar bahkan masuk ke dalam mobil.

    Anda tidak perlu khawatir jatuh apabila berpegangan. Pun demikian, Anda juga pasti aman ketika berpegangan di fitur ini. Sebab keberadaannya sangat kokoh dan bisa diandalkan. 

            2. Berpegangan saat Berkendara

    Fungsi berikutnya adalah sebagai pegangan ketika Anda berkendara. Khususnya apabila Anda harus melewati jalanan yang rusak dan memungkinkan untuk goncangan. 

    Selain itu, Anda bisa menggunakan hand grip mobil saat sopir memutuskan untuk mempercepat laju kendaraan. Sehingga Anda tidak perlu takut adanya rem mendadak atau goncangan pada mobil di kecepatan yang tinggi.

    Tips Menggunakan Hand Grip

    Meski memiliki fungsi yang memudahkan pengendara, namun beberapa mobil keluaran baru sudah tidak memiliki fitur ini. Sebab ada pertimbangan keselamatan di dalamnya. 

    Termasuk apabila di mobil Anda tersedia fitur ini. Sebaiknya penggunaan harus disesuaikan dengan kondisi. Supaya tidak membahayakan keselamatan Anda.

    Sebaiknya, Anda menggunakan fitur ini saat ada di situasi seperti pada fungsi. Antara lain ketika keluar atau masuk mobil, dan pegangan di saat ada goncangan. Jika tidak, jangan ulurkan tangan untuk menahan dudukan ya.