Berita

    Featured Image

    Kenali Ciri-ciri Koil Lemah Pada Mobil & Solusinya

    Salah satu penyebab mobil mogok yang paling umum terjadi karena diakibatkan koil yang melemah. Koil lemah pada mobil biasanya terjadi karena sudah lama digunakan atau karena kurangnya perawatan.

    Fungsi koil pada mobil cukup penting karena menjadi komponen yang bertugas menciptakan arus listrik hingga bertegangan 20.000 – 30.000 Volt. Sehingga koil yang mulai melemah akan mengganggu kinerja mesin mobil secara keseluruhan. 

    Ciri-ciri Koil Lemah Pada Mobil 

    Sebenarnya tanda-tanda yang ditemukan pada tiap-tiap mobil sangat bervariasi ketika mengalami merusak di bagian koil Tapi, jangan khawatir karena ada beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa kondisi koil sudah mulai melemah. 

    Berikut ciri-ciri selengkapnya yang harus dipahami setiap pengguna mobil.

    • Suhu Koil Terasa Panas

    Ciri-ciri yang pertama, yaitu suhu koil yang terasa panas ketika diraba. Suhu panas yang dimaksud di sini berbeda dengan suhu panas dalam kondisi normal.

    Masalah ini biasanya terjadi karena usia koil yang sudah terlalu lama sehingga sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Selain itu, juga bisa disebabkan karena adanya nilai resistansi pada gulungan kawat primer dan sekunder yang sudah sangat besar. 

    Kondisi demikian akan mempengaruhi kinerja koil itu sendiri sehingga mesin mobil pun tidak bisa bekerja secara optimal.

    • Terdapat Percikan Api Pada Koil

    Ciri-ciri koil lemah pada mobil berikutnya adalah terdapat percikan api pada koil itu sendiri. Memang benar adanya percikan api pada sistem kerja koil merupakan hal yang wajar.

    Tapi, jika percikan api terdapat di bagian koilnya maka hal tersebut menandakan bahwa koil tersebut sudah mulai lemah. Ini karena insulator koil mengalami kebocoran sehingga terjadi percikan api di sana.

    Cara memastikannya, bisa dengan menyemprotkan air ke bagian koil ketika mesin mobil dalam keadaan hidup. Akan lebih baik lagi jika dilakukan di kondisi pencahayaan gelap agar percikan api terlihat lebih jelas.

    • Proses Starter Mobil Menjadi Lebih Lama

    Ciri-ciri koil yang sudah melemah bisa ditandai dengan proses starter mobil yang lebih lama dari biasanya. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Masalah ini terjadi karena campuran bahan bakar dan udara tidak bisa menghantarkan arus listrik. 

    Sehingga mengakibatkan tidak ada percikan api di bagian busi sehingga mobil lebih lama menyala ketika distarter.

    • Tiba-tiba Mesin Mobil Mati Mendadak