Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Kerja Rem Cakram & Fungsinya

    Setiap mobil tentu memiliki rem yang digunakan untuk menghentikan laju roda kendaraan. Rem untuk mobil sendiri ada bermacam macam salah satunya yaitu rem cakram. Lalu, apa fungsi dan bagaimana cara kerja rem ini? ulasan lengkapnya berikut ini.

    Cara Kerja Rem Cakram

    Rem cakram atau bisa disebut juga disc brake adalah rem mobil yang bekerja dengan komponen tambahan berupa piringan yang dijepit dengan 2 kanvas rem. Adapun cara kerja rem ini yaitu pedal rem akan menghasilkan tekanan di master silinder dan akan mengaktifkan piston rem.

    Selanjutnya piston akan menjepit rotor atau menggerakkan kapiler brake sehingga roton berhenti. Ketika piringan brake berhenti maka kendaraan juga akan berhenti. 

    Fungsi Rem Cakram

    Seperti yang sudah disebutkan fungsi utama rem ini adalah untuk menurunkan atau memberhentikan kecepatan kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara. Rem ini dapa memudahkan Anda dalam mengendalikan kecepatan kendaraan. 

    Jika pada zaman dulu rem drum lebih sering dipakai, maka kini rem cakram lah yang lebih umum dipakai sebab rem ini jauh lebih aman dan pemberhentian mobil juga lebih optimal.

    Namun rem ini juga memiliki kekurangan salah satunya yaitu tidak dapat menahan beban berat. 

    Komponen Rem Cakram dan Fungsinya

    Jenis rem ini bisa dibilang lebih efektif untuk menghentikan laju dibandingkan jenis rem lain seperti rem drum karena dapat memperpendek jarak pengereman.

    Keunggulan tersebut disebabkan karena rem ini tersusun dari berbagai komponen kompleks, diantaranya yaitu

            1. Kaliper Rem

    Yang pertama ada kaliper yang merupakan bagian yang membedakan rem ini dengan rem jenis lain. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghimpit kampas rem sekaligus menopang kampas dan piston brake. 

            2. Kampas

    Kampas sendiri adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menekan piringan cakram sehingga dapat menghentikan putaran cakram. 

            3. Piringan

    Komponen ini adalah bagian rem yang terhubung langsung dengan poros roda dan akan mengikuti putaran roda. Komponen inilah yang menjadi bagian vital dari rem cakram. 

            4. Master Silinder

    Master silinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik dalam minyak rem.