Berita

    Featured Image

    Kenali Bagian Pintu Mobil

    Pintu mobil adalah salah satu komponen krusial dalam bodi mobil. Tidak cuma berperan sebagai akses keluar masuk pengendara maupun penumpang hingga barang, pintu pun merupakan lokasi terkoneksinya sistem kelistrikan, bahkan audio mobil.

    Apakah Anda belum mengetahui bagian-bagian dari pintu pada mobil? Jika iya, maka sebaiknya ketahuilah hal tersebut dalam artikel ini. Dengan begitu, Anda akan bisa mendeteksi kendala atau malfungsi bagian-bagian pintu pada mobil sejak dini. 

    Mengenal 5 Bagian dari Pintu Mobil

    Perlu Anda ketahui, pintu pada mobil memiliki 5 bagian utama. Mereka adalah panel luar dan dalam, dudukan engsel, alur jendela, alur karet, dan pengaman pintu. Supaya Anda dapat mengetahui keseluruhan bagian tersebut dengan mudah, ikuti penjelasan singkat berikut: 

    • Panel Luar dan Dalam

    Terdapat banyak bentuk dan jenis pintu pada mobil. Tapi, setiap pintu tersebut pada dasarnya memiliki 2 buah panel, yakni luar dan dalam. Kedua panel ini disatukan menggunakan metode press sehingga menjadi suatu konstruksi kuat.

    Panel bagian dalam adalah sumber kekuatan–yang mana dihasilkan oleh profil lekukan panel dalam. Nah, ini merupakan tempat penyimpanan kabel jaringan sistem kelistrikan mobil. Panel luar untuk menutup seluruh komponen di pintu. 

    • Dudukan Engsel

    Ini merupakan bagian terkrusial pintu mobil. Tanpa eksistensi komponen ini, maka pintu tidak akan mampu terkoneksi dengan bodi mobil keseluruhan. Gangguan di engsel pun dapat menyebabkan kerusakan fatal. 

    Apabila engsel tidak simetris, maka pintu tidak mampu menutup sempurna. Solusi satu-satunya yakni memperbaiki dengan pengelasan. Proses ini terhitung rumit, sebab komponen yang terdapat di dalamnya wajib dilepas terlebih dahulu.

    • Alur Jendela

    Tidak cuma berfungsi sebagai penyimpan kabel jaringan audio dan listrik, bagian pintu mobil satu ini pun berguna menjadi dudukan jendela. Selain itu, pintu pada mobil pun berguna untuk menyimpan semua komponen power window.

    Kaca jendela untuk mobil terpasang di bagian alur yang terdapat di pintu. Sementara itu, semua komponen power window contohnya motor penggerak dan baterai terdapat di celah, lebih tepatnya antara panel luar dan dalam pintu. 

    • Alur Karet

    Pintu mobil yang sulit ditutup maupun dibuka dapat disebabkan oleh getasnya karet pintu sebab umur penggunaan yang panjang. Seperti yang Anda ketahui, bagian pintu pun diikuti karet pelindung yang berada di alur karet.