Berita

    Featured Image

    Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir !

    Saat hujan deras, seringkali menyebabkan banjir dimana-mana. Banjir dapat sangat tinggi sehingga mampu menenggelamkan mobil. Jangan panik jika hal tersebut terjadi dengan mobil Anda. Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini saat mobil banjir agar tidak merusak mesin.

    Cara Mengatasi Mobil Banjir

    1. Lakukan Pemutusan Listrik yang Ada pada Mobil

    Listrik yang terkena air sangat rawan dan bisa menyebabkan korsleting. Untuk itu, hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah memutuskan kabel aki pada mobil kebanjiran. Lebih mudah lagi jika mobil memiliki transmisi yang dapat langsung mematikan listrik secara otomatis.

    2. Dorong Mobil Sampai Melewati Area Banjir

    Setelah dilakukan pemutusan, cobalah untuk mendorong mobil ke daerah yang tidak tergenang air. Hindari menyalakan mesin karena dapat menyebabkan kerusakan pada mobil dan menghindari air menembus mesin.

    3. Segera Non-aktifkan rem tangan

    Mobil banjir yang sudah aman dari daerah genangan harus segera dinonaktifkan rem tangannya agar tidak menyebabkan lengket pada rem kanvas. Cobalah untuk mengganjal roda dengan batu atau mengubah mesin ke gigi satu untuk menopang dan menghindari mobil bergerak sendiri.

    Pemulihan Setelah Mobil Terendam Banjir

    1. Keringkan Keseluruhan Isi Mobil

    Periksa peranti bagian dalam mobil seperti kursi, sabuk dan karpet mobil. Bagian ini biasanya terbuat dari kain dan bisa menyebabkan lembab jika terkena air. Kondisi yang lembab ini akan mengundang jamur dan bakteri sehingga segera mungkin harus dikeringkan.

    Sebelum dikeringkan, peranti-peranti tersebut harus disiram atau dicuci terlebih dahulu agar tidak menimbulkan bau yang mengganggu. Anda bisa membawanya ke tempat pencucian mobil untuk memberi hasil yang lebih maksimal.

    2. Lakukan Pembersihan pada Tangki BBM

    Tangki BBM terbuat dari besi sehingga harus segera dikeringkan jika terkena air. Ini berguna untuk mencegah karat yang mampu merusak tangki dan tentunya dapat mengganggu aktifitas pada mesin mobil. Jika Anda bisa melakukannya sendiri, pastikan tidak ada air yang tercampur dengan BBM.

    3. Lakukan Pengeringan Bagian Mesin Mobil yang Mudah Rusak

    Busi, karburator, coil, alternator serta delco kabel-kabel harus segera dikeringkan. Perangkat ini adalah bagian dari sistem pengapian mobil yang sangat rentan terjadi kerusakan yang disebabkan oleh air.