Berita

    Featured Image

    Inilah Peralatan Hand Tools yang Harus Dibawa pada Saat Berkendara

    Bagi sebagian orang, mesin mogok atau ban roda pecah saat berkendara mungkin pernah dialami. Membawanya ke bengkel terdekat adalah solusi jika masalah tersebut sampai terjadi.

    Namun jika letak bengkel ternyata jauh dari lokasi kendaraan mengalami masalah, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan mengatasi permasalahan tersebut secara mandiri menggunakan peralatan seadanya.

    Sesuai namanya, hand tools sendiri merupakan alat bantu untuk mengatasi permasalahan kendaraan dan bisa dioperasikan hanya dengan menggunakan tenaga manusia. Maka dari itu, peralatan-peralatan ini memang sebaiknya selalu dibawa di bagasi kendaraan untuk berjaga-jaga.

    Akan tetapi karena jenisnya sangat beragam dan tidak mungkin seluruhnya bisa diletakkan di bagasi, maka Anda bisa membawa beberapa peralatan hand tools pengendara berikut ini. 

    Kunci

    • Kunci Pas

    Memiliki bentuk segi enam di tengah-tengah celah, Kunci Pas berfungsi untuk mengencangkan dan melepaskan baut dan mur di sela-sela yang sempit.

    • Kunci Ring

    Kunci Ring memiliki bentu yang panjang dengan dua lubang di masing-masing sisi.

    Kunci ini berfungsi untuk mengencangkan dan melepaskan baut dan mur di tempat yang lebih lega dibandingkan Kunci Pas.

    • Kunci Kombinasi

    Saat Kunci Soket tidak bisa menjangkau area-area tertentu, maka Anda bisa menggunakan Kunci Kombinasi.

    Kunci Kombinasi dapat melakukan tugasnya untuk mengencangkan dan mengendurkan baut dan mur di area-area yang tidak terjangkau.

    • Kunci Inggris

    Jika kendala pada kendaraan Anda tidak bisa teratasi dengan Kunci Pas, Ring, maupun Soket, maka Kunci Inggris adalah solusinya.

    Kunci Inggris dirancang untuk dapat digunakan pada semua jenis baut atau mur. Pengguna bisa menyesuaikan ukuran baut dan mur hanya dengan memutar penyetel rahang Kunci Inggris.

    • Kunci T

    Kunci T dapat menjangkau area yang lebih sempit lagi dan jauh dari jangkauan.

    Kunci ini biasanya akan digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut di daerah bodi kendaraan.

    • Kunci Roda

    Hand tool lain yang tak kalah penting untuk selalu dibawa adalah Kunci Roda. Kunci ini berfungsi untuk menjangkau baut atau mur roda sehingga dapat dikencangkan atau dikendurkan.

    • Kunci Busi

    Sesuai namanya, Kunci Busi digunakan khusus untuk melepas dan memasang busi kendaraan.