Berita

    Featured Image

    Tetap Awet! Hindari Kebiasaan Ini Agar Ban Mobil Tidak Cepat Habis

    Ban merupakan komponen penting bagi setiap kendaraan, hal ini mengingat ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan. Sehingga, kualitas dan kondisi komponen ini dapat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Pastikan Anda selalu menjaga kondisi ban kendaraan dalam keadaan baik.

    Masalah yang cukup mengganggu dan sering dijumpai oleh pengendara adalah kondisi ban yang aus. Kondisi ini bisa membuat laju mobil tidak stabil dan mengakibatkan resiko yang cukup mahal. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab ban cepat aus serta bagaimana cara tepat mencegahnya.

    Kebiasaan Yang Membuat Ban Cepat Aus

    Tidak dipungkiri, bahwa penyebab ban mobil cepat aus ternyata dapat berasal dari kelalaian kita sendiri. Berikut kondisi-kondisi yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kondisi ban mobil tetap awet.

    1. Sering melalui jalanan rusak dan berlubang

    Salah satu penyebab utama ban mobil cepat aus adalah akibat sering melalui kondisi jalan yang buruk. Lubang, retakan, dan permukaan jalan yang kasar dapat menyebabkan ausnya ban. Ketika ban terus-menerus bergerak melalui ketidakrataan jalan, gesekan yang berlebihan dapat terjadi pada permukaan ban. Hal ini dapat mengakibatkan ausnya lapisan ban dan memperpendek umur pakai ban.

    2. Tekanan udara yang tidak tepat

    Tekanan udara yang tidak tepat pada ban juga dapat menyebabkan ban menjadi cepat aus. Jika ban mobil Anda terlalu kurang tekanan udaranya, bagian tengah ban akan mengalami gesekan yang berlebihan dengan jalan. Sebaliknya, jika ban terlalu berlebihan tekanan udaranya, bagian luar ban akan mengalami gesekan berlebihan.

    3. Jarang melakukan spooring dan rotasi ban

    Faktor ini juga dapat menjadi salah satu penyebab ban mobil cepat aus. Spooring dan rotasi ban penting dilakukan terutama pada mobil yang sudah menempuh perjalanan cukup jauh. Langkah ini bertujuan untuk melakukan penyetelan ulang terhadap kaki-kaki mobil serta rotasi ban kembali normal jika terjadi adanya penyimpangan.

    4. Membawa beban atau muatan berlebihan

    Pemakaian berlebihan atau mengangkut beban berat juga dapat mempercepat ausnya ban. Ban yang terus-menerus dibebani melebihi kapasitas maksimumnya akan mengalami tekanan yang berlebihan dan membuat ban bekerja lebih keras, tentu hal ini dapat menyebabkan keausan lebih cepat.

    5. Sering rem mendadak

    Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan cara mengerem mobil juga menjadi pemicu ban menjadi cepat aus. Terutama saat melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi. Kondisi tersebut, membuat ban mobil mengalami gesekan yang sangat tinggi dengan jalan dan dapat membuat ban mobil Anda aus tidak rata.

    6. Menggunakan kualitas ban yang rendah

    Terakhir, kualitas ban yang rendah juga bisa menjadi penyebab ban cepat aus. Ban yang murah mungkin tidak memiliki bahan atau desain yang tahan lama, sehingga lebih rentan terhadap keausan.

    Itulah kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari untuk menjaga kondisi ban mobil tidak cepat habis. Jangan biarkan masalah ban cepat aus mengganggu kenyamanan perjalanan Anda dan keluarga. Maka, pastikan selalu rutin untuk memeriksa kondisi ban mobil Anda dan menjaga gaya berkendara dengan baik.