Berita

    Featured Image

    Fungsi Drum Brake & Cara Kerjanya

    Sistem pengereman menjadi bagian penting dari sebuah mobil. Ada beberapa komponen di sana dan salah satunya adalah drum brake. Mari kenali lebih jauh tentang komponen rem satu ini lengkap dengan cara kerjanya.

    Fungsi Drum Brake

    Di Indonesia, komponen rem satu ini biasa dikenal dengan nama rem tromol. Sebagai bagian dari sistem pengereman, komponen ini punya peran penting dalam mengendalikan laju mobil saat berkendara. 

    Rem tromol dikenal memiliki sistem pengendalian laju mobil yang sangat hebat. Tidak heran jika jenis rem ini sering dijumpai pada tipe kendaraan dengan beban yang sangat berat seperti truk. 

    Jenis rem ini dilengkapi dengan penampang kampas rem yang ukurannya lebih lebar dari sistem pengereman lain. Itulah mengapa jenis rem ini bisa bekerja jauh lebih efektif daripada lainnya. 

    Cara Kerja Rem Tromol

    Supaya bisa lebih memahami tentang jenis rem ini, maka penting untuk mengenali seperti apa cara kerjanya. Rem tromol bekerja mengendalikan laju kendaraan secara perlahan atau bertahap.

    Rem ini memiliki beberapa jenis komponen yang bisa menghambat laju kendaraan dalam beberapa tahap. Saat pengemudi menginjak pedal rem, maka komponen tersebut akan berputar dan bergesekan satu sama lain untuk mengendalikan kecepatan. 

    Selanjutnya saat pedal rem diinjak kembali maka minyak rem akan menghasilkan tekanan hidrolik. Fungsi dari tekanan ini adalah menekan sepatu rem di komponen drum yang sedang bergerak. 

    Sepatu rem tersebut kemudian akan memperlambat kecepatan mobil. Jadi, jika pengemudi menginjak pedal, maka sepatu rem akan terus mengalami gesekan sampai akhirnya kendaraan melaju lambat dan kemudian berhenti. 

    Ragam Jenis

    Drum brake ini ternyata memiliki beberapa tipe atau jenis. Total ada 4 jenis rem tromol yang bisa Anda temukan di kendaraan roda 4. Berikut adalah ragam jenis dari rem tromol:

    • Single Leading Shoe

    Pertama ada single leading shoe yang sebenarnya sudah cukup jarang digunakan. Rem tromol ini punya kemampuan rem yang tidak terlalu besar dan memiliki 2 bantalan rem. 

    Meskipun punya 2 bantalan rem, namun perlu diketahui bahwa hanya ada satu bantalan yang berperan sebagai kampas utama. Sementara itu bantalan yang lain akan bekerja sebagai pendukung.

    • Two Leading Shoes