Berita

    Featured Image

    Fungsi & Cara Memperbaiki Electric Power Steering

    Electric power steering (EPS) adalah sistem power steering yang menggunakan komputer, sensor elektronik dan mesin listrik kecil untuk menggantikan power steering hidrolik tradisional. 

    Fungsi electric power steering sangat penting. Komponen ini memberikan bantuan secara elektrik berlipat ganda. Contohnya dengan meningkatkan penghematan bahan bakar hingga beberapa persen, ini karena motor listrik hanya menarik daya saat dibutuhkan. 

    Sistem yang satu ini adalah salah satu teknologi yang juga mungkinkan adanya teknologi mobil self-driving. Namun, EPS juga kadang mengalami kerusakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

    • Kemudi Tidak Responsif

    Saat Anda berkendara di jalan raya, coba rasakan apakah mobil Anda merespons roda kemudi. Jika Anda memutar setir (sedikit), tetapi mobil Anda tetap melaju lurus ke depan tanpa mengubah arah, Anda mengalami kemudi yang tidak responsif.

    Masalah ini bisa disebabkan oleh sistem electric power steering yang rusak. Dan untuk memperbaikinya pertama-tama Anda bisa pastikan terlebih dahulu roda mobil Anda dalam keadaan lurus. 

    Kemudian nyalakan mesin dan pastikan rem tangan aktif. Lalu ayunkan kemudi ke depan dan ke belakang antara posisi jam 10 dan 2. Jika Anda memiliki kemudi yang tidak responsif, setir akan terasa sangat ringan. Seolah-olah roda kemudi terputus dari mobil. Juga, mobil Anda tidak bisa mengubah arah.

    Kemudi yang tidak responsif biasanya disebabkan oleh keausan pada rak kemudi. Untuk memperbaiki alat ini Anda akan butuh beberapa alat khusus dan pengetahuan teknis tentang mobil. Cara terbaik dalam meminta bantuan montir atau datang ke bengkel terbaik di sekitar Anda. 

    • Adanya Suara Bising atau Derit Saat Berbelok

    Sistem electric power steering yang rusak juga dapat menyebabkan suara bising atau derit saat berbelok. Ketika mengalami hal ini langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa katrol pompa power steering Anda secara menyeluruh, atau mintalah mekanik profesional untuk memeriksanya. 

    Jika Anda memiliki teman yang bersedia membantu, Anda bisa mendongkrak mobil dengan aman dan minta satu orang memutar kemudi sementara yang lain memeriksa power steering. Dan pastikan saat mengecek, mobil dalam keadaan mati sebelum melakukan pekerjaan apa pun pada sabuk power steering.

    • Kebocoran Cairan Power Steering

    Saat Anda melihat kebocoran, Anda perlu mencoba mencari tahu masalahnya. Mungkin ada banyak alasan mengapa cairan kemudi Anda bocor, tetapi ada beberapa dugaan umum.