Berita

    Featured Image

    Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Bengkel Resmi

    Memelihara kondisi mobil agar selalu prima merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Salah satu cara merawat mobil adalah dengan rutin melakukan servis mobil di bengkel resmi. Untuk itu, Anda perlu menjaga hubungan baik dengan bengkel resmi.

    Apakah servis mobil harus dilakukan di bengkel resmi? Bengkel resmi biasanya menyediakan suku cadang asli sesuai dengan merk mobil Anda, peralatan lebih lengkap, teknisi yang terlatih dan memiliki sertifikasi sehingga layanan servis lebih terjamin. Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Bengkel Resmi

    Menjalin hubungan yang baik dengan bengkel resmi penting Anda lakukan untuk memastikan jika mobil Anda mendapatkan perawatan terbaik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga hubungan yang baik dengan bengkel resmi. 

    • Cara Berkomunikasi dengan Teknisi

    Mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan teknisi bisa mengurangi timbulnya kesalahpahaman yang bisa mengakibatkan masalah mobil tidak terselesaikan dengan baik. 

    Ada beberapa tips berkomunikasi dengan mekanik atau teknisi mobil yang efektif. Pertama, Anda bisa menuliskan terlebih dahulu semua keluhan atau permasalahan yang terjadi pada mobil Anda. 

    Cara Berkomunikasi dengan mekanikFreepik.com

    Dengan menuliskan semua keluhan, maka tidak ada permasalahan yang terlupakan atau terlewatkan untuk disampaikan di bengkel. Kemudian, sampaikan semua permasalahan  mobil Anda kepada mekanik dengan jelas dan rinci. 

    Anda perlu menyampaikan semua permasalahan dengan jelas dan rinci untuk memudahkan mekanik dalam melakukan diagnosis dan mencari solusi yang sesuai. Setelah itu, tanyakan estimasi biaya perbaikan atau perawatan yang diperlukan.

    Apabila estimasi biaya perbaikan dirasa terlalu besar, Anda bisa bertanya kepada mekanik mengenai perbaikan mana yang perlu didahulukan. 

    Saat proses perbaikan, jangan ragu untuk meminta penjelasan mengenai perbaikan yang dilakukan oleh mekanik termasuk mengenai bagian suku cadang yang diganti. 

    • Pentingnya Mengikuti Jadwal Servis

    Tips menjaga hubungan baik dengan bengkel resmi berikutnya yaitu melakukan servis mobil secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan mekanik atau sesudah mobil menempuh suatu jarak tertentu. 

    Servis mobil perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kondisi mobil tetap optimal.

    Servis mobil biasanya meliputi kegiatan penggantian oli, pemeriksaan rem, sistem pendingin, sistem kelistrikan, suspensi, ban, dan pengecekan komponen lainnya. 

    Pengecekan tersebut dilakukan supaya potensi kerusakan bisa diatasi sebelum bertambah parah. 

    Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu menyervis mobil Anda secara rutin atau sesuai dengan jadwal, salah satunya yaitu memaksimalkan penggunaan bahan bakar. Jika kondisi mesin baik, maka mobil akan lebih hemat bahan bakar.

    Keamanan saat berkendara juga meningkat karena komponen mobil terpelihara dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan saat di perjalanan. 

    Ketika komponen mobil selalu dalam kondisi bagus, maka performa mobil akan meningkat dan berkendara terasa semakin nyaman. Jadwal servis setiap mobil bisa dilihat di buku panduan servis dari pabrik.

    Selain itu, Anda juga bisa melakukan servis mobil setiap kelipatan jarak tempuh mobil 10 ribu km.

    • Cara Memberikan Umpan Balik

    Terakhir, apabila Anda memiliki umpan balik atau kritik dan saran terkait pelayanan bengkel resmi, hasil perawatan atau servis, biaya perawatan sampai suku cadang bisa Anda sampaikan dengan bahasa yang sopan kepada pihak bengkel.

    Umpan balik Anda tentu akan meningkatkan kualitas pelayanan bengkel resmi sehingga lebih baik lagi dari sebelumnya.