Berita

    Featured Image

    Cepat Panas! Berikut Tips Mengatasi Mesin Mobil yang Gampang Overheating

    Mesin mobil yang cepat panas mungkin menjadi kendala bagi sebagian pengendara, terlebih jika sudah memasuki musim panas. Suhu dari lingkungan sekitar ditambah berbagai faktor lainnya, bisa memicu mesin mengalami overheating.

    Hal tersebut tentu bisa mengganggu perjalanan, bahkan bisa menyebabkan berbagai risiko bahaya jika dibiarkan terus-menerus. Maka dari itu, menjadi penting mengetahui penyebab overheating, cara menghindari, serta cara mengatasinya.

    Penyebab Umum Mesin Mobil Cepat Panas

    Kerusakan pada radiator bisa menjadi penyebab terjadinya overheating atau mesin yang cepat panas. Kerusakan yang paling sering terjadi yaitu pada bagian kipas radiator.

    Hal tersebut bisa menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar, sehingga berdampak pada mengendapnya suhu panas di bagian mesin. Jika dibiarkan terlalu lama, maka mesin bisa mengalami overheating.

    Selanjutnya, jika terjadi kebocoran pada radiator, mesin juga bisa menjadi cepat panas. kebocoran ini umumnya terjadi karena ada karat atau korosi di sisi radiator, sehingga bisa menyebabkan cairan radiator menyebar ke berbagai komponen.

    Penyebab selanjutnya yaitu pada bagian tutup radiator yang mempunyai peran sangat vital dalam mengatur tekanan bar di radiator.

    Cara Mencegah Mesin Overheating pada Mobil

    Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mesin mobil mengalami overheat, simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

    • Periksa Kondisi Radiator

    Seperti pembahasan sebelumnya, penyebab umum dari panasnya mesin yaitu karena permasalahan radiator. Oleh sebab itu, menjadi penting untuk mengecek komponen vital ini sebelum berkendara.

    • Pakai Pengaturan Segar

    Ketika menyalakan AC, maka sebaiknya Anda ubah ke pengaturan segar untuk 10 menit pertama. Ini dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi udara, sehingga panas yang mengendap juga bisa dikeluarkan dan mesin menjadi lebih aman.

    • Jangan Lupa Perhatikan Suhu Mobil

    Lihatlah bagian temperatur udara ketiak sedang berkendara, pastikan suhu mobil berada dalam keadaan yang normal.

    • Parkirlah di Tempat yang Sejuk

    Hal selanjutnya yang penting untuk diperhatikan yaitu usahakan untuk mencari tempat sejuk jika perlu memarkir mobil. Dengan begitu, sinar matahari tidak langsung mengenai mobil.

    istockphoto.com
    • Manfaatkan Ventilasi Lantai