Berita

    Featured Image

    Bumper Mobil: Fungsi, Bahan, dan Biaya Perbaikannya

    Bumper mobil merupakan komponen yang penting bagi kendaraan. Bahkan saat mengalami kerusakan, para pemilik mobil akan segera memperbaikinya tak hanya karena estetika saja, namun juga agar fungsinya bisa kembali seperti sediakala.

    Sayangnya, masih ada orang yang belum mengetahui berbagai informasi penting mengenai bumper. Jika Anda salah satunya, ulasan di bawah ini bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru.

    Apa itu Bumper Mobil?

    Bumper adalah komponen yang biasanya berada di bagian depan mobil maupun belakang. Hal ini disebabkan kedua bagian tersebut rentan terkena benturan. Komponen ini mempunyai engsel atau built in.

    Bentuknya pun beragam, tergantung dari merek dan perusahaan mobil yang membuatnya. Umumnya, bentuk ini disesuaikan dengan model body mobil itu sendiri. Hal ini dikarenakan bumper terlihat membentuk suatu kesatuan dengan body.

    Fungsi Bumper Mobil

    Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa bumper hanya berfungsi sebagai aksesoris untuk menambah estetika saja. Anggapan ini tak sepenuhnya salah. Bagaimanapun juga, ada berbagai fungsi yang cukup penting dari keberadaan komponen ini, yaitu:

    • Melindungi Penumpang dan Pengemudi

    Kecelakaan mobil sering terjadi hingga saat ini. Bahkan tak jarang kecelakaan tersebut menyebabkan cedera bagi penumpang dan pengemudi. Itulah mengapa bumper diperlukan.

    Jadi, adanya bumper mobil bisa meredam tabrakan. Dengan demikian, akibat dari benturan bisa diminimalisir sehingga dapat meningkatkan peluang keselamatan.

    • Tempat Lampu

    Beberapa mobil menempatkan lampu kabut pada bumper. Keberadaan lampu kabut sendiri sangat bermanfaat baik bagi pengemudi maupun kendaraan dari berlawanan arah karena dapat memberikan cahaya yang cukup di cuaca buruk.

     

    bumper belakang

    Unsplash.com

    • Meningkatkan Aerodinamis

    Bumper juga bisa meningkatkan efek aerodinamis pada mobil. Dengan demikian, mobil bisa berjalan lebih baik. Sifat aerodinamis ini juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

    • Melindungi Mesin dan Tangki

    Saat terjadi tabrakan, bumper akan meredam benturan sehingga tak langsung membuat mesin rusak bahkan hancur. Dengan kata lain, mesin akan lebih terlindungi.

    Tak hanya itu saja, bumper mobil juga dapat melindungi tangki bensin. Hal ini dapat meminimalisir bahaya yang disebabkan oleh bensin bocor saat terjadi benturan, seperti kebakaran.

    • Tempat Sensor

    Ada sensor yang bisa diletakkan pada bumper,yaitu parktronic. Sensor ini bisa membantu pengemudi untuk memarkirkan mobilnya dengan benar tanpa ada benturan.

    Bahan Bumper Mobil

    Bumper memiliki berbagai bahan yang disesuaikan dengan model suatu mobil dan kebutuhan perusahaan. Berikut di antaranya:

    • POM atau polyoxymethylene yang kekakuannya cenderung stabil dalam suhu rendah;

    • PVC atau polyvinyl chloride yang fleksibel terhadap suhu dingin maupun panas;

    • TPU atau thermoplastic polyurethane yang elastis dan tahan dengan suhu rendah;

    • PS atau polystyrene yang terbuat dari minyak bumi;

    • PBT atau polybutylene rerephtalare yang tahan panas;

    • Polycarbonate yang juga tahan panas;

    • PP atau polypropylene yang ramah lingkungan;

    • Besi yang terbuat dari baja ringan dan dapat melindungi dengan lebih maksimal.

    Biaya Perbaikan Bumper

    Biaya perbaikan bumper tak bisa dipatok rata karena tergantung pada bahan dan kerusakannya. Oleh sebab itu, para pemilik mobil harus memastikannya ke bengkel atau mekanik profesional untuk mengetahui biaya yang diperlukan