Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Membuat Mobil Berkilau

    Terlalu sering terkena paparan debu, sinar matahari dan air hujan dapat menyebabkan warna cat mobil Anda menjadi pudar dan mobil terlihat kusam. Untuk menjaga mobil tetap berkilau penting sekali untuk selalu merawat mobil Anda. Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar mobil berkilau.

    1. Parkir Mobil di Tempat Tertutup dan Teduh

    Tips membuat mobil berkilau pertama yaitu selalu parkir mobil Anda di tempat yang teduh atau tertutup. Baik ketika di rumah maupun ketika berada di luar, usahakan untuk memilih lokasi parkir yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

    Jika mobil Anda terlalu lama terpapar panas sinar matahari, maka dapat membuat cat mobil menjadi kusam dan memudar.

    2. Pakai Cover Mobil

    Jika Anda tidak memiliki garasi atau tempat teduh untuk memarkirkan mobil Anda di rumah, maka Anda bisa memakai cover atau sarung mobil. Cover ini dapat membantu melindungi mobil Anda dari percikan air, debu, sinar matahari maupun gangguan binatang yang dapat merusak cat body mobil Anda.

    3. Rutin Mencuci Mobil

    Salah satu hal wajib yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin mobil berkilau adalah mencuci mobil secara rutin. Seperti yang Anda tahu, kotoran, debu serta air hujan dapat menyebabkan mobil kusam. Dengan rutin mencuci mobil dapat membantu menghilangkan segala debu maupun kotoran yang menempel pada bodi mobil.

    Selain itu, mencuci mobil juga menjadi cara efektif untuk mencegah mobil berkarat dan berkerak. Anda bisa mencuci mobil sendiri di rumah dengan memakai sampo tertentu atau membawa mobil Anda ke tempat khusus pencucian mobil. Selain mencuci bagian luar, jangan lupa pula untuk membersihkan interior mobil.

    4. Memakai Clay

    Selain rutin membersihkan mobil, untuk membersihkan kerak dan menjaga mobil berkilau Anda juga bisa melakukan detailing. Detailing sendiri bisa dilakukan dengan memakai clay khusus mobil.

    Clay ini berfungsi untuk mengatasi kontaminasi pada permukaan cat mobil seperti debu dan kotoran. Cara ini lebih membersihkan permukaan mobil daripada hanya sekedar mencuci dengan sampo saja.

    5. Wax Mobil

    Waxing merupakan salah satu perawatan mobil yang dapat mencegah cat menjadi kusam dalam waktu lama. Waxing adalah lapisan sintetis pada permukaan cat mobil yang berfungsi untuk menjaga cat tetap berkilau. Wax ini dapat melindungi permukaan mobil dari sinar matahari maupun debu dan polusi.