Berita

    Featured Image

    Simak Penyebab Kaca Mobil Tidak Bisa Naik

    Kaca mobil tidak bisa naik tentu akan mengganggu kenyamanan penumpang selama berkendara. Karena kaca mobil menjadi pelindung dari cuaca dan kebisingan di luar kendaraan.  

    Penyebab kaca mobil tidak bisa naik ternyata cukup beragam dan bisa dicegah jika rutin melakukan perawatan. Maka dari itu menjaga kondisi kendaraan agar tetap berfungsi bukan hanya pada bagian mesin. 

    Komponen-komponen lain termasuk kaca mobil juga tidak boleh terlewat untuk dicek secara rutin. Simak penyebab kaca mobil tidak bisa naik, berikut ini:

    • Kotoran Menumpuk pada Karet Kaca

    Pada bagian bawah jendela mobil terdapat karet channel kaca yang memiliki fungsi mencegah debu dan air masuk ke celah antara kaca dan bingkai jendela mobil. 

    Karet ini juga berguna untuk meluruskan dan memperhalus gerakan kaca mobil untuk naik dan turun.

    Saat kotoran menumpuk pada karet, maka kaca mobil jadi macet. Seringkali hal ini terjadi karena karet pada kaca tidak pernah dibersihkan.

    • Power Window Rusak

    Power window yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab kaca mobil macet. Power Window adalah teknologi yang memudahkan penumpang untuk menggerakkan kaca mobil naik atau turun dengan menekan tombol. 

    Jika sistem power window  rusak, maka pengendara tidak bisa membuka jendela kaca. Melakukannya dengan manual pun tidak bisa. Satu-satunya cara adalah dengan memperbaiki power window.

    • Regulator Rusak

    Regulator adalah bagian jendela yang punya fungsi penting, yaitu untuk menggerakkan kaca naik dan turun. Pada regulator terdapat gigi penggerak. Apabila gigi ini aus bahkan patah, kaca mobil tidak menutup sempurna.

    Mungkin kaca mobil masih bisa digerakkan naik dan turun meskipun gigi pada regulator aus. Namun, jika terus dibiarkan kerusakannya akan merembet ke dinamo motor kaca.

    • Masalah di Sistem Kelistrikan

    Pada bagian pintu mobil terpasang sistem kelistrikan yang memungkinkan sistem otomatis pada jendela dan kunci pintu berjalan. Pada power window terdapat sekring. 

    Ketika sekring rusak karena arus listrik cukup besar, korsleting bisa sangat mungkin terjadi. Jika sekering rusak sistem power window tidak akan bisa bekerja. Itu berarti kaca mobil tidak bisa naik.

    • Kurang Pelumas