Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

    Rocker arm disebut juga sebagai pelatuk klep, yaitu sebuah komponen dari sistem valve train yang terletak di bagian kepala silinder. Komponen ini biasanya dipakai mobil berjenis mesin OHV (overhead valve) dan OHC  (overhead camshaft).

    Pelatuk klep memiliki fungsi yang cukup penting bagi kinerja kendaraan. Sehingga kondisinya perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap berfungsi secara maksimal. 

    Rocker Arm Adalah?

    Ini komponen kepala silinder yang terletak di bagian dalam shaft, tepatnya di bagian  penggalan kepala silinder. Bagi Anda yang belum tahu, shaft adalah bagian yang menghubungkan antara camshaft dan katup. 

    Bila dilihat dari posisinya,  pelatuk klep ini memiliki yang cukup vital. Sebenarnya tidak semua mobil menggunakan komponen ini karena hanya ditemui di mobil berjenis mesin OHV dan OHC.

    Fungsi Rocker Arm pada Mobil

    Setelah tahu apa itu pelatuk klep, mungkin Anda penasaran dengan fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi pelatuk klep yang harus Anda pahami. 

    • Mengatur Celah Katup

    Fungsi yang pertama adalah sebagai komponen pengatur celah katup. Ketika klep mesin mobil membutuhkan penyesuaian, maka Anda perlu mengatur bagian ujungnya sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. 

    Penyesuaian ini sangat penting, terutama pada pelatuk klep yang menggunakan baut penyetel celah katup dan mur di bagian ujungnya. Jika, bukaannya terlalu besar atau terlalu kecil, maka kinerja mesin dan komponen katup akan terpengaruh. 

    • Membuka dan Menutup Katup Hisap 

    Ketika menjalankan fungsi rocker arm ini, pelatuk klep akan dibantu oleh komponen camlobe (nok) yang terletak di bagian camshaft. Bagian komponen camlobe berguna untuk menekan pelatuk klep sehingga bentuknya terlihat menonjol.

    Saat camlobe mendorong pelatuk klep maka akan secara otomatis terjadi proses penekanan yang membuat katup terbuka. 

    Setelah katup intake ditekan oleh pelatuk klep, maka material bahan bakar dan udara akan tercampur. Lalu campuran tersebut akan masuk ke dalam ruang pembakaran mesin.

    • Penghubung Antara Camshaft dan Katup

    Camshaft dan crankshaft adalah dua komponen yang berfungsi menggerakkan pelatuk klep melalui proses gesekan. Karena bertindak sebagai pembuka celah katup buang dan hisap, membuatnya memiliki peran penting pada mekanisme pembakaran.