Simak Cara Klaim Asuransi yang Mudah untuk All Risk atau Komprehensif
Asuransi mobil menjadi pelindung yang membantu kita menghadapi berbagai jenis risiko berkendara di masa depan. Salah satu jenisnya adalah asuransi all risk yang mencakup berbagai jenis risiko kerusakan. Mari cari tahu seperti apa kemudahan klaim asuransi mobil ini!
Pengajuan Klaim Asuransi All Risk
Sebagai pengguna layanan asuransi, Anda punya hak untuk melakukan klaim. Jika kerusakan yang dialami masuk dalam tanggungan asuransi, maka langsung saja ajukan klaim. Berikut adalah cara klaim asuransi all risk yang bisa Anda ikuti:
1. Lampirkan Foto Mobil
Saat akan mengajukan klaim, sediakan dulu bukti kerusakan yang dialami oleh mobil Anda. Caranya mudah, langsung saja ambil foto kerusakan mobil. Buatlah dokumentasi yang jelas tanpa manipulasi apapun pada kerusakan mobil Anda.
Foto ini nantinya akan dikirimkan kepada perusahaan asuransi dan menjadi bukti kerusakan. Sebaiknya foto tersebut diambil sejelas mungkin sehingga lebih mudah bagi pihak asuransi untuk menilai. Pasukan juga jenis kerusakannya terlihat dengan jelas lewat foto tersebut.
2. Siapkan Dokumen
Langkah berikutnya, Anda harus mempersiapkan dokumen syarat pengajuan klaim. Selain bukti, Anda tentu saja harus menyerahkan dokumen persyaratan. Hal ini sudah tercantum dalam polis asuransi jadi bisa dicek lagi di sana apa saja dokumen yang diperlukan.
Umumnya Anda akan diminta untuk menyiapkan fotokopi STNK, SIM, serta polis asuransi yang dimiliki. Selain itu ada juga asuransi yang membutuhkan surat keterangan kecelakaan dari polisi. Ini dibutuhkan jika kerusakan terjadi akibat kecelakaan.
3. Hubungi Agen Asuransi
Jangan ragu untuk langsung menghubungi agen asuransi Anda. Ini merupakan cara termudah untuk terkoneksi dengan pihak asuransi all risk. Anda juga bisa mendapatkan panduan langsung dari agen tersebut mengenai prosedur klaim yang harus dilakukan.
Langkah ini juga bisa jadi pilihan tepat jika Anda berada di luar kota. Langsung saja ceritakan seperti apa kronologi kecelakaan atau kejadian yang membuat mobil rusak. Di sini biasanya agen akan memberi banyak pertanyaan untuk kelancaran klaim.
Jika Anda masih harus berada di luar kota dalam jangka waktu tertentu, maka agen asuransi akan membantu. Agen akan membantu proses klaim meskipun dari jarak jauh. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk menuju bengkel rekanan yang ada di kota tempat Anda berada.
4. Lakukan Pengisian Formulir
Jika Anda sudah sampai ke lokasi bengkel rekanan, maka langsung saja lakukan pengisian formulir. Pihak bengkel biasanya sudah menyediakan formulir klaim yang bisa langsung diisi di tempat. Jika ada syarat dokumen lain yang dibutuhkan, segera lengkapi.
Selanjutnya tinggal tunggu saja sampai pihak bengkel menyelesaikan klaim ke pihak asuransi. Proses pengajuan klaim selanjutnya memang akan dilakukan oleh pihak bengkel. Selama syarat dan bukti-buktinya lengkap maka klaim tidak akan sulit untuk dilakukan.
5. Ajukan Konfirmasi Klaim
Langkah berikutnya, langsung saja tunggu bengkel untuk melakukan konfirmasi ke agen asuransi. Di tahap ini Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dan klaim selesai diproses. Jika sudah selesai semua maka perbaikan mobil dapat segera dilakukan.
Jadi pada dasarnya dimanapun Anda berada, Anda tetap bisa mengajukan klaim asuransi. Pastikan bahwa perbaikan yang dibutuhkan sudah disetujui oleh Anda. Pihak bengkel juga umumnya sudah kompeten untuk melakukan perbaikan sesuai pertanggungan asuransi.
Asuransi all risk menjadi pilihan tepat jika Anda butuh perlindungan yang lebih luas. Jenis asuransi ini menjamin risiko kerusakan kecil, sedang, hingga berat. Selain itu asuransi ini juga akan menanggung risiko kehilangan mobil akibat pencurian.
Jika asuransi adalah langkah terakhir ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Anda bisa melakukan penanganan pertama ketika terjadi hal tersebut. Silahkan kunjungi https://suzuki.rmk.co.id/ agar mendapatkan penanganan yang baik dari mekanik berpengalaman.