Berita

    Featured Image

    Penyebab Wiper Suka Berbunyi ketika Dinyalakan

    Wiper mobil adalah salah satu komponen penting yang memberikan kontribusi besar terhadap keselamatan berkendara. Terutama saat kondisi cuaca buruk seperti hujan deras. Namun, terkadang pengguna mobil menghadapi masalah ketika tiba-tiba wiper berbunyi.

    Komponen yang satu ini memang bisa saja mengalami masalah. Apalagi jika tidak sering digunakan atau terlalu sering dipakai. Di artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum mengapa wiper suka berbunyi dan bagaimana cara mengatasinya.

    5 Faktor Wiper Berbunyi dan Cara Mengatasinya

    Wiper mobil adalah komponen yang dirancang untuk membersihkan kaca depan dan belakang kendaraan dari air hujan, salju, debu, dan kotoran lainnya. Sehingga memastikan visibilitas pengemudi tetap optimal selama berkendara. 

    Ada beberapa penyebab mengapa wiper tiba-tiba saja berbunyi saat dinyalakan. Apalagi jika Anda sudah lama tidak menggunakan wiper ini. Berikut ini penyebabnya:

    • Karet pada Wiper Kotor

    Penyebab paling umum dari bunyi yang dihasilkan oleh wiper adalah adanya kotoran atau residu yang menempel pada karet wiper itu sendiri. 

    Debu, minyak, dan kotoran lainnya dapat menumpuk pada karet wiper seiring waktu. Sehingga menyebabkan gesekan saat wiper bergerak di kaca.

    Solusinya, Anda bisa membersihkan karet wiper secara berkala menggunakan kain yang lembut dan dibasahi dengan cairan pembersih kaca. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut untuk tidak merusak karet wiper.

    • Kaca Mobil Kotor

    Wiper yang bekerja di atas kaca yang kotor atau berlumuran debu misalnya, dapat menyebabkan gesekan yang menghasilkan bunyi. Ini bisa terjadi apabila kotoran tersebut berdebu sangat tebal.

    Pastikan untuk membersihkan kaca dan wiper secara teratur. Gunakan cairan pembersih kaca dan lap yang bersih untuk membersihkan kaca dengan baik. Bersihkan juga kotoran atau residu pada wiper.

    • Wiper Mobil Sudah Aus

    Komponen yang satu ini juga bisa rusak atau aus. Kondisi buruk tersebut dapat menyebabkan wiper berbunyi karena kehilangan fleksibilitas dan ketebalannya. 

     

    Wiper ausPexels.com

    Ini dapat membuat karet wiper kurang efektif dalam membersihkan kaca dan menyebabkan gesekan yang berlebihan.

    Untuk itu, Anda perlu mengganti karet wiper secara berkala sesuai dengan rekomendasi mekanik atau ketika Anda melihat adanya tanda-tanda aus. Pastikan untuk memilih karet wiper yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda.

    • Karet Kurang Fleksibel

    Wiper berbunyi bisa juga karena fleksibilitas karet yang berkurang. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya saja cuaca ekstrem yang sedang Anda alami di kota Anda.

    Pastikan Anda memeriksa kondisi karet ini secara teratur. Anda bisa menggunakan cairan pelumas khusus untuk melenturkan karet ini.

    Apabila perlu, gantilah karet wiper yang bermasalah ini. Kemudian pilih yang telah dirancang khusus terhadap suhu ekstrem.

    • Usia Pakai Wiper Sudah Habis

    Selain mengalami kerusakan karena aus, wiper memang memiliki masa pakai. Idealnya apabila sering digunakan, wiper mobil memiliki massa 6 hingga 12 bulan pemakaian.

    Lebih dari waktu tersebut, beberapa hal bisa saja terjadi. Misalnya saja bunyi berderit, lapisan karetnya sudah pecah dan menggores kaca mobil Anda.

    Memahami penyebab umum bunyi yang dihasilkan oleh wiper dapat membantu ANda mengatasi masalah ini dengan cepat dan efisien. 

    Pada sebagian besar kasus, pemeliharaan yang baik dan pemeriksaan rutin dapat mencegah atau mengatasi bunyi yang tidak diinginkan pada wiper mobil.