Berita

    Featured Image

    Info Wajib! Pentingnya Menyimpan Dokumen Kendaraan

    Setiap pemilik kendaraan bermotor, tentunya sudah familiar dengan istilah STNK dan BPKB. Kedua hal tersebut merupakan dokumen penting mobil yang wajib dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan.

    Selain wajib dimiliki, kedua dokumen ini juga wajib disimpan dengan baik supaya tidak hilang, karena akan ada konsekuensi hukum jika Anda tidak memilikinya.

    Mengenal tentang Dokumen Penting Mobil: STNK dan BPKB

    Sebagian orang mungkin ada yang belum terlalu memahami perbedaan dari kedua jenis dokumen ini, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih jelas.

    • Mengenal STNK

    Dokumen pertama, ada STNK yang merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Ini merupakan tanda bahwa kendaraan tersebut sudah didaftarkan secara resmi di SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap.

    Di dalamnya, terdapat informasi tentang nomor registrasi kendaraan, nomor polisi, nama pemilik kendaraan, serta masa berlaku STNK.

    STNK juga menjadi bukti bahwa Anda telah melakukan pembayaran pajak secara tertib, sesuai dengan aturan yang berlaku.

    • Mengenal BPKB

    Kedua, ada BPKB yang merupakan singkatan dari Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor. Sesuai dengan namanya, ini merupakan dokumen yang dapat membuktikan bahwa seseorang benar-benar merupakan pemilik dari kendaraan tersebut.

    Ada berbagai informasi yang tercantum di sana, misalnya nomor mesin, nomor rangka, tahun pembuatan, warna kendaraan, serta nama dari pemilik kendaraan tersebut.

    Ini merupakan bukti atau legalitas yang resmi, sehingga diperlukan dalam berbagai urusan hukum.

    Mengapa Penting Menjaga Dokumen Tersebut?

    Sesuai dengan berbagai penjelasan pada bagian sebelumnya, berikut adalah alasan mengapa kedua dokumen ini menjadi hal yang penting.

    • Alasan Pentingnya STNK

    Pertama, terkait STNK, ini menjadi penting karena menjadi bukti yang sah secara hukum bahwa kendaraan tersebut telah didaftarkan pada SAMSAT.

     

    mengurus STNK di samsat

    iStock

    Selain itu, ini juga menjadi bukti bahwa pemilik kendaraan telah menaati hukum dengan melakukan pembayaran kendaraan tepat waktu.

    Jika Anda tidak memiliki dokumen ini, maka tidak ada bukti yang bisa membuat berbagai pihak percaya terkait pendaftaran dan pembayaran pajak dari kendaraan tersebut.

    Lalu, jika pemilik kendaraan tidak melakukan pembayaran tepat waktu, maka STNK tersebut juga tidak bisa diperpanjang.

    • Alasan Pentingnya BPKB

    Kedua, mari membahas tentang alasan pentingnya BPKB. Sesuai dengan penjelasan pada bagian sebelumnya, inilah bukti yang sah tentang kepemilikan dari sebuah kendaraan.

    Jika seseorang tidak dapat menunjukkan BPKB, maka dia tidak bisa mendapat kepercayaan sebagai pemilik kendaraan.

    Selain itu, dokumen ini juga penting untuk melakukan berbagai keperluan yang sah secara hukum, misalnya mengganti plat nomor, mengajukan kredit, jual beli mobil bekas, dan sebagainya.

    Selanjutnya, jika terjadi kecelakaan, maka BPKB juga dibutuhkan untuk berbagai data bagi pihak berwajib, termasuk jika timbul konflik setelah kejadian.

    Jadi, pastikan bahwa dokumen ini tidak hilang, karena berbagai proses administrasi membutuhkan BPKB.

    Dokumen Penting Mobil Jangan Sampai Hilang!

    Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya Anda sudah semakin mengetahui betapa pentingnya STNK dan BPKB bagi pemilik kendaraan.

    Jika Anda tidak memiliki kedua dokumen tersebut, maka akan ada konsekuensinya secara hukum dan hal ini tidak bisa disepelekan.

    Misalnya, ketika kendaraan tersebut mengalami kecelakaan lalu lintas dan pengendara tidak bisa menunjukkan kedua dokumen tersebut, maka akan berisiko terhadap pembayaran denda.

    Selain itu, bahkan bisa saja pihak berwajib akan melakukan penahanan terhadap kendaraan tersebut, karena pengemudinya dianggap bukan sebagai pemilik yang sah.

    Maka dari itu, rawat dan simpan dengan baik kedua dokumen penting tersebut, usahakan untuk tidak hilang.

    Namun, jika ternyata Anda mengalami kehilangan, misalnya karena tindak pencurian, maka segera laporkan dan urus prosesnya supaya tidak mengalami berbagai masalah hukum.