Berita

    Featured Image

    Memahami Tombol-Tombol yang Ada di Stir Mobil

    Stir mobil kini memiliki berbagai fitur untuk mendukung kenyamanan berkendara dalam bentuk tombol. Memahami apa saja fungsi dari tiap tombol pada stir mobil akan memudahkan Anda melakukan perjalanan yang lebih efektif dan efisien. 

    Terdapat fungsi seperti Cruise Control, lalu Audio Control, hingga Hands-free Bluetooth yang bisa Anda kendalikan melalui tombol yang terdapat di stir. Baca artikel ini hingga akhir untuk memahami fungsi berbagai tombol tersebut!

    Tombol pada Stir Mobil dan Fungsinya

    Tidak hanya sebagai pengendali arah laju mobil, stir pun kini multifungsi sebab memiliki sejumlah tombol dengan fungsinya masing-masing. Berikut berbagai tombol di stir mobil beserta fungsi yang dimilikinya:

    • Audio Control

    Pada stir bagian kiri, terdapat empat tombol untuk fitur audio control yang akan mengoperasikan sistem audio pada mobil. 

    Tombol tersebut memudahkan Anda mengatur audio dengan cepat dan mudah, sebab Anda tidak perlu melepas tangan dari stir dan cukup menggunakan ibu jari saja.

    Untuk tombol dengan tulisan Mode, fungsinya adalah mengganti sumber audio mobil, apakah dari radio, bluetooth audio, USB, atau AUX. Anda juga dapat mengatur volume suara dengan menggeser tombol Mode ke atas dan bawah.

    Selain itu, terdapat tombol panah kanan dan  kiri yang terletak di samping tombol Mode. Tombol tersebut berfungsi mengganti saluran dari radio, video, ataupun musik yang tersambung ke head unit.

    Satu lagi tombol pada Audio Control, yakni tombol Mute, yang berfungsi menghilangkan volume audio untuk sementara.

    •  Hands-free Bluetooth

    Berikutnya, terdapat tiga tombol yang terletak pada arah jam 7 di palang stir. Tombol tersebut berfungsi menghubungkan telepon genggam ke head unit melalui koneksi dari Bluetooth.

    tombol pada stir

    Untuk tombol paling bawah, fungsinya adalah mengaktifkan koneksi Bluetooth pada head unit. Sedangkan, dua tombol di atasnya dengan gambar telepon memiliki fungsi berbeda. 

    Tombol tersebut berguna untuk melakukan atau menerima panggilan telepon, dan menutup telepon masuk saat telepon genggam terkoneksi ke head unit mobil.

    Tombol pada stir yang satu ini membuat Anda bisa berkomunikasi via telepon dengan praktis, sebab Anda tidak perlu memegang ponsel dan lebih aman karena pengemudi bisa tetap fokus ke perjalanan.

    • Cruise Control 

    Fitur yang satu ini memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan mobil dengan stabil tanpa menginjak pedal gas. Anda juga bisa mengoperasikannya dengan mudah melalui rangkaian tombol yang tersedia pada area stir di kanan.

    Pertama, tekan tombol berlogo Cruise yang terletak di paling kiri stir. Apabila indikator Cruise Control yang tertera pada MID (Multi Information Display) mobil sudah aktif, maka Anda bisa mempercepat atau memperlambat mobil di kecepatan yang diinginkan.

    Lakukan sambil menggeser tombol bertulisan RES+/SET– ke arah atas ataupun bawah. Adapun pembatalan fungsi fitur Cruise Control ini dilakukan dengan menekan tombol Cancel di paling kanan.

    • Airbag 

    Fitur keselamatan pada mobil ini terletak di belakang bantalan tengah stir. Airbag akan mengembang ketika terjadi benturan keras pada bagian depan mobil, sehingga risiko pada pengemudi bisa diminimalisir.

    • Klakson

    Satu lagi fitur tombol di stir yang berada pada area tengah, yaitu klakson mobil. Anda dapat menekan tombol ini untuk memberi tanda pada pengemudi lain di sekitar. Klakson juga penting ketika ada kondisi darurat, sehingga letaknya di tengah stir cukup efektif.

    Lima fitur tombol pada stir beserta fungsinya tersebut memberikan kemudahan bagi Anda dengan cara yang berbeda. Intinya, kenyamanan berkendara lebih terjamin dengan tombol-tombol tersebut.