Berita

    Featured Image

    Ketahui Tips & Cara Tepat Membersihkan Soket Kelistrikan Pada Mobil

    Soket kelistrikan mobil merupakan salah satu komponen dalam mobil dan jika bermasalah atau kotor maka dapat mengganggu kestabilan aliran listrik pada mobil. 

    Dengan kata lain, kelistrikan pada kendaraan roda empat berperan dan mempunyai pengaruh besar pada mobil, meski kondisi mesin dalam keadaan normal.Komponen tersebut perlu dirawat secara rutin agar performa mobil tidak terganggu.

    Soket terdiri dari berbagai jenis dan bentuk yang disesuaikan dengan fungsi masing-masing. Sebagai pemilik mobil ataupun seseorang yang bekerja di bidang otomotif, ada hal penting yang perlu Anda kuasai dalam hal perbaikan dan perawatan komponen-komponen kelistrikan.

    Salah satu masalah yang sering terjadi pada soket adalah kotor. Salah satu penyebab kotornya soket kelistrikan mobil  adalah sering adanya cipratan air di kolong mobil sehingga menimbulkan kumpulan kotoran.

    Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan kondisi soket yang tampak kotor dan juga mengecek soket yang longgar agar mencegah potensi loncatan bunga api yang dapat mengganggu kerja pengapian atau kelistrikan. 

    Soket yang letaknya terselip sering kali diabaikan perawatannya padahal soket memiliki peranan penting untuk menyokong fitur-fitur pada sebuah mobil. Berikut adalah cara yang efektif untuk membersihkan kotoran pada soket.

    Cara membersihkan soket kelistrikan mobil

    Pembersihan soket kelistrikan mobil harus dilakukan dengan teliti dan tidak asal-asalan. Berikut adalah beberapa langkah untuk membersihkan komponen ini:

    1. Pilih cairan khusus untuk membersihkan soket karena dibutuhkan cairan yang mudah kering dan tidak menghantarkan arus listrik.
    2. Soket dibersihkan dengan membuka soketnya dan melihat kondisinya. Soket yang tampak berwarna hitam mengindikasikan bahwa adanya penumpukan kotoran untuk waktu yang lama. 
    3. Soket kelistrikan mobil dibersihkan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih khusus soket pada soket wiper dan mengusap kotoran-kotoran membandel yang menempel padanya. 
    4. Jika menemukan karat, maka bagian itu harus diamplas.

    Kendaraan yang usia pemakaiannya panjang perlu melakukan pengecekan soket kelistrikan lain karena soket-soket tersebut berpotensi memiliki masalah seperti kabel ke koil atau soket lampu. 

    Soket lampu yang kotor akan mempengaruhi nyala sinar lampu mobil. Cara membersihkannya adalah menyemprotkan cairan khusus pada soket bagian motor.

    Di sisi lain, komponen kelistrikan yang perlu dicek adalah terminal aki di mana kerak putih sering muncul pada bagian tersebut karena tumpukan kondensasi uap air mesin. Aki dengan kondisi seperti itu akan memunculkan gejala seolah-olah aki kekurangan setrum.