Berita

    Featured Image

    Ketahui Tips Aman saat Rem Mobil Blong

    Rem mobil blong menjadi salah satu mimpi buruk bagi para pengendaranya. Bagaimana tidak, mobil menjadi hilang kendali dalam laju yang tidak bisa dihentikan paksa.

    Kepanikan pasti akan terjadi karena berpikir sesuatu buruk akan terjadi. Padahal, salah satu respon terbaik ketika menghadapi situasi tersebut adalah tidak panik.

    Meski sulit, bersikap tenang dalam keadaan darurat akan mempermudah Anda dalam menemukan jalan keluar. Tentunya terdapat beberapa cara dalam menyikapi situasi rem mobil yang tiba-tiba blong. 

    Jangan Panik, Atasi Rem Mobil Blong dengan Tips Ini!

    Gugup dan panik akan menghalangi kejernihan berpikir dan pengambilan keputusan. Ada baiknya Anda mengetahui tips berikut ini untuk mengatasi permasalahan rem mobil.

            1. Turunkan Gigi secara Perlahan

    Saat rem blong terjadi pada mobil Anda, mulai kurangi kecepatan dengan tidak menginjak pedal gas. Kemudian segera lakukan pengurangan gigi secara bertahap mulai dari gigi 5,4,3,2, hingga 1.

    Jika sudah berada di gigi rendah, Anda mulai dapat menggunakan rem tangan dengan menekannya agar laju kendaraan berkurang.

            2. Ambil Jalur Lambat

    Setelah mengurangi gigi dan menekan rem tangan, segera ambil jalur lambat atau bahu jalan. Lakukan secara perlahan-lahan agar dapat terhindar dari tabrakan dengan mobil lain.

    Cek terlebih dahulu melalui spion untuk memastikan jalur untuk berpindah telah aman. Gunakan lampu sein untuk menandakan bahwa mobil Anda akan segera berpindah jalur atau belok.

            3. Cek Bagian Bawah Kaki Pengemudi

    Mungkin saja, terdapat barang yang meluncur pada bagian bawah kaki pengemudi sehingga memblokir pengereman.

    Jika ada orang lain di dalam mobil, mintalah bantuan untuk melihat apakah ada sesuatu yang mengganggu atau tidak.

    Namun, jika Anda berkendara sendiri lakukan pengecekan sepersekian detik saja karena Anda tetap harus fokus melihat lalu lintas.

            4. Injak Rem Berkali-kali

    Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menginjak rem secara berulang ketika rem mobil blong.

    Terlebih jika kendaraan Anda memiliki sistem rem non-ABS. Pada beberapa kondisi, rem terkadang blong hanya sementara.

    Namun, untuk mobil sistem pengereman ABS cukup injak rem pelan-pelan karena sistem ini telah melakukan pengereman otomatis.

            5. Berikan Peringatan pada Kendaraan Lain