Berita

    Featured Image

    Ketahui Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami

    Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Pada laman korlantas.polri.go.id pada 10 Agustus 2022 menginformasikan bahwa total kepemilikan kendaraan di Indonesia berjumlah 149.707.859 unit. 

    Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa konsumen kendaraan bermotor termasuk mobil sangatlah tinggi. Hal ini juga disebabkan oleh mudahnya memiliki kendaraan dengan adanya fasilitas kredit. 

    Untuk mengajukan kredit mobil pun terdapat beberapa syarat kredit mobil yang perlu dipenuhi oleh debitur agar proses pengajuan kredit dapat lebih cepat dan mudah. Bagi Anda yang berminat mengajukan kredit mobil, ketahui terlebih dahulu mengenai syarat yang perlu dipenuhi di bawah ini. 

    Tips dan Syarat Kredit Mobil 

    Ketika Anda hendak mengajukan kredit mobil, ada sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai tips dan syarat kredit mobil di bawah ini.

    Berikut ini 5 tips pengajuan kredit mobil yang perlu Anda ketahui:

    • Memilih Leasing dan Dealer Terpercaya

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih pihak leasing atau dealer yang terpercaya. Anda dapat mencoba menghubungi dealer yang terdekat dengan tempat tinggal atau mencari informasi dari teman atau kerabat yang bekerja di dealer. 

    Tentu Anda akan mendapatkan berbagai penawaran menarik, namun jangan sampai mengambil keputusan secara terburu-buru. Jangan mudah tergiur dengan penawaran yang ada, sebaiknya Anda menganalisis terlebih dahulu penawaran tersebut hingga dampak jangka panjang yang dapat ditimbulkan dari pengajuan kredit tersebut.

    • Konsultasi Detail dengan Pihak Leasing

    Apabila Anda telah menemukan leasing yang cocok, langkah berikutnya adalah dengan melakukan konsultasi lebih lanjut bersama pihak leasing. Anda dapat menanyakan mengenai sistem pembiayaan pada saat pembelian mobil. 

    Sebelum Anda melakukan konsultasi, Anda dapat membuat list pertanyaan yang akan diajukan ke pihak leasing. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang cukup dan lengkap untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

    • Tentukan Masa Kredit yang Disanggupi

    Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan masa kredit yang sekiranya dapat Anda sanggupi. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam melunasi cicilan tersebut.

    Umumnya, tenor pelunasan kredit mobil terdiri dari 12 hingga 60 bulan. Untuk menentukan masa tenor cicilan, pertimbangkan dengan melihat rencana keuangan Anda dan berdiskusi bersama pasangan atau keluarga.

    • Pertimbangkan Suku Bunga dan Uang Muka