Berita

    Featured Image

    Kenali Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri

    Pernahkan Anda mengalami kejadian pintu mobil terkunci sendiri? Kejadian ini bisa semakin menjengkelkan jika Anda sedang terburu-buru kemudian lupa dimana Anda meletakan kunci mobil.

    Jika Anda pernah mengalami kejadian atau pengalaman seperti ini, Anda tidak perlu panik. Karena untuk membuka Kembali mobil yang terkunci ada beberapa caranya, meskipun kunci mobil Anda hilang entah kemana. 

    Daftar Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri

    Sebelum mengetahui bagaimana membukanya kembali, berikut ini adalah beberapa penyebab pintu mobil dapat terkunci dengan sendirinya. Informasi berikut patut Anda ingat agar kejadian ini tidak terulang di kemudian hari.

    • Karena Adanya Sensor Kunci Otomatis 

    Pintu mobil terkunci sendiri salah satunya karena pada mobil Anda terdapat sensor kunci otomatis. 

    Untuk memecahkan masalah ini, Anda bisa menonaktifkan fitur kunci otomatis dan caranya juga bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis mobil yang Anda miliki.

    Banyak mobil modern menyertakan opsi untuk menonaktifkan fitur kunci otomatis dalam sistem infotainment mereka. 

    Jika Anda tidak yakin apakah mobil Anda dapat melakukan ini atau ke mana harus menavigasi untuk menemukan fitur ini, bacalah manual pemilik Anda.

    Banyak mobil  memiliki sekering untuk sistem penguncian sentralnya. Jika Anda cukup yakin untuk mengutak-atik mobil Anda sendiri, Anda juga dapat mencoba menarik sekring ini untuk membuka mobil secara manual. 

    Namun, cara ini memiliki potensi mengganggu beberapa sistem elektronik mobil Anda yang lain. Jadi selalu usahakan libatkan bantuan mekanik professional lebih lanjut sebelum mencoba sesuatu seperti ini.

    Jika ini terjadi, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan membuka mobil menggunakan kunci cadangan. 

    Ketika Anda membeli kendaraan baru dari dealer mobil, mereka akan memberi Anda sepasang kunci mobil cadangan kan? Nah, ini saatnya Anda menggunakan kunci tersebut. 

    • Pintu Mobil Terkunci Sendiri karena Masalah Listrik pada Aktuator 

    Sistem penguncian otomatis pada mobil menggunakan aktuator membuat mobil lebih mudah terkunci. Cara kerja alat ini adalah dengan mengubah listrik dari baterai menjadi gaya gerak mekanis. 

    Pada dasarnya aktuator akan membaca sinyal listrik dari mobil dan merespons dengan mengunci atau membuka kunci mobil secara fisik .

    Aktuator yang bermasalah ditandai adanya kabel-kabel listrik dan roda gigi yang aus karena sudah lama tidak diganti atau sudah dipakai dalam waktu yang lama.