Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi Kaliper Rem Mobil dan Cara Kerjanya

    Salah satu komponen yang sangat penting dalam mobil yaitu sistem rem. Salah satu jenis sistem rem adalah rem yang menggunakan cakram. Dalam sistem ini, kaliper rem menjadi bagian yang sangat penting. 

    Kaliper merupakan salah satu komponen yang ada dalam rem cakram mobil. Komponen ini sering kali diabaikan dan dianggap sepele karena keberadaannya kurang populer. Padahal, fungsinya tidak bisa diremehkan. Berikut kami uraikan fungsi dan cara kerjanya.

    Cara Kerja dan Fungsi Kaliper pada Rem Cakram

    Pada dasarnya fungsi dari kaliper dalam rem cakram yaitu untuk menjepit kampas dan piringan cakram. Namun, fungsi kaliper tidak hanya sampai di sana saja, berikut kami uraikan satu per satu fungsi dari kaliper.

    1. Mengendalikan Kecepatan Mobil

    Tidak heran jika kaliper pada rem memiliki peran yang sangat penting. Karena, kaliper berfungsi untuk mengatur seberapa cepat mobil Anda melaju. Jika kapiler rusak, hal tersebut dapat mengganggu laju mobil dan membahayakan pengendara. 

    Komponen ini juga bisa disebut sebagai bagian vital dari mobil karena keamanan pengendara dan penumpang akan bergantung pada kinerja kaliper ini. Jika kaliper bekerja dengan baik, maka pengendara dan penumpang dalam keadaan aman.

            2. Mengatur Sistem saat Mobil di Rem

    Kaliper rem terletak di depan dan di belakang mobil. Hal ini bertujuan agar kinerjanya bisa maksimal saat Anda mencoba memberhentikan kendaraan. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang dalam kecepatan tinggi kemudian ingin mengurangi kecepatan.

            3. Memperpendek Jarak Pengereman

    Biasanya saat akan mengerem mobil, kita harus mengambil ancang-ancang dari jarak yang cukup jauh. Namun, berkat adanya kaliper Anda bisa membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. 

            4. Menekan Piringan Cakram

    Dalam kaliper terdapat sebuah piringan cakram, piringan cakram ini nantinya akan ditekan oleh kampas rem. Saat Anda menginjak pedal rem, maka akan terjadi gaya gesek antara kampas dan piringan. Sehingga, laju mobil akan berhenti dengan sempurna.

            5. Pengereman Lebih Efisien

    Kaliper dapat mempertahankan perangkat keras dalam mobil. Sehingga ketika Anda akan mengerem, maka kaliper akan membuat pantulan dan kebisingan. Sehingga proses pengereman menjadi lebih cepat dan efisien.