Berita

    Featured Image

    Jenis-Jenis Pintu Mobil: Swing, Sliding, Power Doors, dan Lainnya

    Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan jenis-jenis pintu mobil maupun desainnya. Selama pintu itu berfungsi dengan baik, Anda tidak akan mempermasalahkannya. 

    Namun, tahukah Anda jika ada banyak sekali variasi pintu mobil yang beredar di pasaran saat ini? Salah satunya, tipe konvensional yang paling banyak dan mudah ditemui di kendaraan berjenis city car maupun MVP. 

    Kenali Jenis-Jenis Pintu Mobil

    Tahukah Anda jika desain pintu dapat mengubah tampilan keseluruhan kendaraan roda empat? Sebab, bentuk, desain, warna, serta cara membukanya akan dapat memberi atensi lebih orang-orang yang melihat. Jadi, mari cek jenis-jenisnya!

    • Conventional Car Door

    Tipe pintu ini sudah menjadi standar untuk kendaraan roda empat yang beredar di pasaran. Tidak hanya untuk kendaraan pribadi, tetapi juga untuk kendaraan angkutan umum seperti taksi. 

    Anda dapat menemukan tipe konvensional ini di mobil-mobil yang bergaya SUV, Sedan, MVP, Van, maupun mobil sport. Dari sisi keselamatan, pintu ini dapat melindungi penumpang dengan baik. 

    Kekurangannya, ketika Anda harus memarkirkan mobil di area yang terbatas, Anda akan kesusahan untuk membukanya dan harus memastikan jarak antar kendaraan cukup untuk pintu terbuka. 

    Selain itu, ketika membuka di jalan raya yang padat pun perlu hati-hati karena pintu terbuka ke arah luar. 

    • Swing Doors

    Ada banyak jenis-jenis pintu mobil bertipe swing doors ini. Seperti scissor doors, flap doors, wing doors, swing-up doors, dan lain-lain. Pintu ini hampir mirip bentuknya dengan tipe konvensional sebab terdapat engsel di bagian depannya. 

    Bedanya, pintu ini memiliki sambungan di bagian pojok depan sisi atas, sehingga Anda dapat membuka pintu mobil secara vertikal. 

    Swing doors dapat dibuka hingga sudut 130 derajat. Dari sisi bentuk, akan membuat tampilan mobil lebih mewah daripada pintu jenis konvensional. 

    Pintu gunting mirip dengan pintu mobil konvensional karena dipasang pada kendaraan melalui engsel di bagian depan pintu. Namun pada pintu model ini digunakan sambungan gunting di pojok atas depan, sehingga pintu dapat dibuka secara vertikal ke atas.

    Pintu gunting dapat dibuka dengan sudut hingga 130 derajat. Sambungan gunting memungkinkan pintu terbuka dengan cara yang lebih mengesankan, dibandingkan hanya membuka keluar dari mobil.

    • Sliding Door

    Meskipun tidak umum, tetapi pintu tipe sliding mudah ditemui di mobil-mobil minivan, mobil pengiriman, maupun mobil berjenis besar lainnya. 

    Pintu ini lebih mudah dibuka lantaran tidak membutuhkan area horizontal atau vertikal untuk membukanya dan memudahkan anak-anak untuk keluar masuk dengan aman. 

    sliding doorFreepik.com

    Sliding doors tidak memiliki engsel seperti tipe konvensional dan bergerak di atas lintasan yang sudah terpasang, kemudian pintu akan menyembul keluar saat membuka maupun menutup. 

    Bila dulu, perlu digeser secara manual, kini pintu ini sudah otomatis sehingga lebih praktis. 

    Kekurangan pintu ini, rentan terhadap kerusakan serta masalah fungsionalitas. Seperti lintasannya rusak yang membuat pintu tidak dapat dibuka atau ditutup. 

    • Power Doors

    Pintu tipi ini memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan tipe konvensional. Di pintu terdapat engsel untuk membuka dan menutup serta memerlukan area parkir yang cukup untuk bisa membukanya. 

    Namun, di tipe power doors, Anda dapat membuka maupun menutup pintu secara otomatis menggunakan remote control yang sudah terhubung dengan kunci mobil.