Berita

    Featured Image

    Cara Mengganti Wiper Mobil dengan Praktis

    5 Cara Praktis Mengganti Wiper Mobil

    Ternyata cara mengganti wiper mobil tidak sesulit yang selama ini dibayangkan. Bahkan, Anda bisa melakukan penggantian komponen ini sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel. 

    Ini merupakan salah satu komponen kendaraan yang perlu diperhatikan, terutama saat musim penghujan tiba. Walau mobil jarang digunakan, bukan berarti kondisinya akan tetap awet dan tidak perlu diganti. 

    Lalu, bagaimana cara mengganti wiper yang rusak dan cara merawatnya agar awet? Berikut informasinya. 

    Begini Cara Mengganti Wiper Mobil yang Mudah dan Praktis

    Pada umumnya, Anda harus mengecek kondisi alat pembersih kaca mobil dan melakukan penggantian setidaknya setiap satu tahun atau 6 bulan sekali, tergantung dari kondisi fisik dan seberapa sering fitur ini digunakan. 

    Jika terlihat rusak namun tetap dipaksa digunakan, maka kinerjanya akan semakin berkurang atau tidak maksimal. Bahkan, bisa jadi bagian kaca mobil akan tergores akibat gesekan yang terjadi antara kaca dengan wiper. 

    Jadi, solusi satu-satunya adalah dengan melakukan penggantian bagian karet penyeka kaca tersebut. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mengganti wiper mobil di rumah adalah sebagai berikut: 

    Lepas Wiper Lama

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melepas komponen yang lama terlebih dahulu. Caranya sama seperti saat mencuci mobil yaitu dengan mengangkat wiper ke arah atas terlebih dahulu. 

    Perhatikan bagian sendi tempat bilah karet yang bertemu dengan lengan wiper yang berbahan logam. Pada bagian tersebut terdapat klip, penjepit, atau sumbat plastik kecil yang berfungsi untuk menahan bilah penyeka kaca tetap pada posisinya. 

    Tekan klip atau bagian pengunci karet yang ada di bagian tengah wiper tersebut lalu dorong ke arah bawah sampai terlepas dari tangkai besinya. 

    Saat proses mengganti wiper mobil berlangsung, pastikan satu tangan Anda memegang dan menjauhkan komponen ini dari kaca depan. Perlu diketahui, terdapat dua model wiper yang memiliki sedikit perbedaan dalam cara melepasnya, yaitu: 

    Model Frame 

    Cara melepas wiper dengan model frame adalah dengan mengarahkannya ke bagian atas, lalu tekan flip penjepit tangkai yang ada pada frame. Setelah itu, dorong frame wiper ke arah bawah. 

    Model tanpa Frame (Frameless)