Berita

    Featured Image

    5 Aksesoris Mobil yang Sebenarnya Tidak Terlalu Penting

    Aksesoris mobil memang berguna untuk membuat tampilan mobil terlihat keren, bahkan dapat mengoptimalkan komponen tertentu pada mobil. Namun, pada kenyataannya ada aksesoris untuk mobil yang sebenarnya tidak berguna dan justru berbahaya.

    Apa saja aksesoris yang sebenarnya berbahaya dan tidak terlalu penting untuk mobil? Ikuti ulasan lengkap berikut ini!

    5 Aksesoris Mobil yang Tidak Perlu Dipasang

    Mengemudi adalah sebuah aktivitas yang cukup serius, sehingga berbagai komponen mobil wajib memiliki fungsi baik dan normal. Termasuk penggunaan aksesoris pada mobil yang perlu diperhatikan.

    Beberapa pengguna mobil memilih aksesoris dengan berbagai alasan. Namun, ternyata ada beberapa aksesoris yang tidak memiliki fungsi dan justru membahayakan. Intip daftar aksesoris yang tidak penting untuk mobil Anda berikut:

    • Kaca Film yang Terlalu Gelap

    Kaca film menjadi aksesoris yang sering dipasang oleh pemilik mobil. Hal ini karena fungsi kaca film yang dapat menjaga sinar matahari (UV) masuk ke dalam kabin mobil atau agar pengendara lebih memiliki privasi di dalam mobil.

    Kaca Film yang Terlalu GelapFreepik.com

    Namun, ternyata memasang aksesoris kaca film terlalu gelap justru akan berbahaya. Hal yang wajib Anda ketahui jika memasang kaca film harus di bawah 60% untuk setiap bagian mobil.

    Maka, jika lebih dari persentase tersebut maka akan sangat membahayakan visibilitas Anda ketika menyetir. Selain itu, kaca film yang terlalu gelap juga akan membuat Anda kena tilang polisi di jalan.

    • Hiasan Spion Tengah

    Sepertinya, Anda akan hampir melihat aksesoris hiasan gantungan pada spion tengah kabin di setiap mobil. Tetapi, pada kenyataannya hiasan gantung di spion tengah mobil lebih banyak memberikan dampak negatif daripada positif.

    Hal tersebut karena adanya aksesoris hiasan gantung di tengah spion dapat mengganggu penglihatan pengemudi mobil.

    Selain itu, hiasan gantung yang keras atau berbahan kaca dapat membuat kaca depan mobil retak ketika ada pengereman mendadak. Maka dari itu, sebaiknya hindari aksesoris satu ini dan ganti dengan aksesoris yang lebih bermanfaat.

    • Knop Setir

    Knop setir menjadi aksesoris mobil yang sebaiknya tidak usah dipasang, terutama pada mobil kecil. Karena knop setir hanya berfungsi optimal bagi mobil berat seperti truk muatan dan forklift.

    Penggunaan aksesoris knop setir dapat membahayakan pengemudi. Misal, ketika ban depan mobil terkena batu atau guncangan, jempol atau jari Anda dapat terbentur bahkan patah terkena knop setir.

    Pada kasus yang ekstrem, knop setir dapat merusak tulang rusuk ketika Anda mengalami tabrakan frontal dan Anda kebetulan tidak memakai seatbelt. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi.

    • Lampu Sorot, Strobo, Sirine

    Aksesoris lampu sorot, strobo, dan sirine yang digunakan mobil biasa tidak hanya mengganggu pengemudi di jalan. Ternyata, aksesoris satu ini juga tidak memiliki manfaat apa-apa untuk mobil Anda.

    Terlebih lagi larangan penggunaan lampu sorot, strobo dan sebagainya sudah dilarang dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009. Karena mobil yang berhak memakai aksesoris ini adalah mobil dengan tugas dan tujuan tertentu.

    • Buzzer Sabuk Pengaman

    Anda tentu tahu bahwa sekarang ini banyak tipe mobil yang mengeluarkan teknologi peringatan jika pengemudi tidak pakai sabuk pengaman.

    Namun, karena kebanyakan pengemudi malas menggunakan seatbelt, maka aksesoris buzzer sabuk pengaman digunakan.

    Hal ini tentu tidak penting dan justru akan berbahaya. Apalagi jika terjadi tabrakan atau pengereman mendadak dan Anda tidak menggunakan seatbelt, tentu akan berakibat fatal.

    Sehingga, gunakan seat belt dengan benar. Tidak perlu memasang buzzer agar Anda nyaman dan aman ketika berkendara. Anda juga dapat hemat uang untuk tidak membeli aksesoris yang tidak penting seperti satu ini.

    Itulah daftar aksesoris mobil yang tidak penting untuk dimiliki dan dipasang. Sebaiknya Anda menjaga komponen mobil sesuai dengan fungsinya secara optimal daripada memasang aksesoris yang tidak berguna.